facebook

twitter

email
Bahasa :
Sabtu, 07 Desember 2019


Rabu, 09 Oktober 2019 | Andriani


UIN Online – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Alauddin Makassar menggelar kuliah umum dengan menghadirkan Guru Besar dari Universitas Brawijaya Malang. Kegiatan tersebut digelar di Aula Fakultas. Jumat (4/10/2019).
Kegiatan tersebut mengusung tema Racun MESA dan Konstruksi Ilmu Islami Berbasis Paradigma Relioginis. Guru Besar Akuntansi Syariah Universitas Brawijaya Malang Prof Iwan Triyuwono menyampaikan bahwa ilmu manajemen akuntansi modern itu ada racun pikiran yang dapat mengubah pola pikir.
“Di dalam ilmu ekonomi, akuntansi, manajemen modern, itu ada racun pikiran yang saya sebut MESA, atau singkatan dari Materealistik, Egoistik, Sikularistik dan Ateistik. Hal ini tidak banyak diketahui orang bahwa racun pikiran ini nanti akan merubah pola berpikir kita, sehingga pola berpikir kita menjadi materealistik egoistik sikularistik dan ateistik,” paparnya.
Prof Iwan Triyuwono menambahkan, agar perlu lebih memperbaiki ilmu modern yang berbasiskan tauhid.
“Hal itu bahaya ketika menjadi perilaku manusia dan itu sudah tampak oleh masyarakat Indonesia bahkan di dunia. Berbahayanya untuk kita yang beragama yang Ateistiknya itu, makanya untuk itu kita perlu kritis, memperbaiki ilmu modern dengan berbasis tauhid, beripikir tauhid dan berperilaku yang bertauhid,” imbuhnya.
Sementara itu, salah satu peserta Nur Linda mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk peningkatan kualitas keilmuan mahasiswa.
“Kuliah umum ini dengan pembahasan yang menarik, juga banyak hal yang dapat kita dapatkan di dalamnya. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk peningkatan kualitas keilmuan kita,” ungkapnya.
Belum lagi katanya, ini suatu kebanggaan dan kesyukuran mendapatkan ilmu dan bertemu secara langsung oleh penulis jurnal yang jurnalnya sering kali digunakan oleh mahasiswa khususnya FEBI dalam penulisan KTI maupun skripsi.
Kotak Komentar


[ Kembali ]

Saat memanfaatkan fasilitas internet kampus anda lebih banyak menggunakannya sebagai sarana:

Pembelajaran
Informasi Kampus
Pertemanan (Situs Jejaring)
Saya Belum Mencobanya

Lihat Hasil Poling
08 Oktober 2016

Oleh : Nursyam Aksa, S.T, M.Si.
Teknik PWK UIN Aauddin Makassar


Dari banyak literatur tentang sejarah ... Selengkapnya



07 September 2016

MENGEMBANGKAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI (TIK)

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR

Selengkapnya



Artikel Sebelumnya

oleh: Hafsan
16 Oktober 2018

Tenaga pendidik dan peneliti pada Jurusan ... Selengkapnya



oleh: Nur Fadhilah Bahar
28 Desember 2016

Hasrullah, Mahasiswa Polyglot UIN Alauddin

Peraih ... Selengkapnya



kirimkan Opini anda
ke [opini(at)uin-alauddin.ac.id]