facebook

twitter

email
Bahasa :
Selasa, 15 Oktober 2019


Kamis, 03 Oktober 2019 | Asrullah


UIN Online - HMJ Ekonomi Islam UIN Alauddin Makassar menggelar kegiatan pengabdian masyarakat dengan mengangkat tema ‘Mengabdi untuk Ummat Dalam Bingkai Silaturahmi (Muamalah)’.


Kegiatan ini, dilaksanakan di Dusun Lembang Teko, Desa Balassuka, Kecamatan Tombolopao, Gowa, ini berlangsung sejak Kamis – Selasa, 27 September – 01 Oktober 2019.

Kegiatan ini sebagai salah satu rangkaian dari kegiatan 20 tahun Jurusan Ekonomi Islam, juga sebagai bentuk implementasi dari kuliah di Jurusan Ekonomi Islam.

“Ada 4 item di kegiatan pengabdian ini diantaranya, penyuluhan zakat, pembagian sembako untuk kaum dhuafa, penanaman bibit pohon, dan juga sosialisasi visi dan misi jurusan,” kata Ketua Panitia Iqra Sholeh.

Sementara Ketua HMJ Ekonomi Islam Muhammad Khudri juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pemuda dan pemerintah desa serta tokoh masyarakat.

“Terimakasih telah berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan ini, ucapan terima kasih pula kepada pihak jurusan dan lembaga IZI (Inisiatif Zakat Indonesia),  karena telah bekerja sama dengan HMJ Ekonomi Islam menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat ini,” ucapnya.

Sementara, Wakil Sekertaris Desa Balassuka Ansar Ibrahim, yang juga salah satu alumni Jurusan Ekonomi Islam UIN Alauddin Makassar menyampaikan kebaganggannya sebagai salah satu alumni dari jurusan tersebut.

“Kebanggaan bagi saya tersendiri, karena saya adalah alumni Ekonomi Islam UIN Alauddin Makassar,” katanya.

Ia juga mengatakan kalau jurusan Ekonomi Islam tidak salah memilih tempat melakukan kegiatan pengabdian karena menurutnya, ini adalah salah satu desa yang dianggap tertinggal di antara desa yang ada di Kecamatan Tombolopao.

Begitupun diungkapkan oleh dosen Jurusan Ekonomi Islam, Akramunas, katanya, pengabdian masyarakat ini sebagai kegiatan pemberian pemahaman kepada para masyarakat seperti penyaluran zakat.

“Penyaluran zakat yang benar dan juga memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai zakat pertanian,” kata dia.

Setelah kegiatan pembukaan ini,  dilanjutkan simbolis penyerahan 250 bibit pohon oleh ketua panitia kegiatan kepada wakil sekertaris Desa Balassuka dan juga penyerahan sembako kepada masyarakat dhuafa Desa Balassuka.

Turut hadir pada kegiatan ini Ketua Jurusan Ekonomi Islam UIN Alauddin Makassar, Dr. Rahmawati Muin, dan para dosen Jurusan Ekonomi Islam serta tamu undangan lainnya.
 
Kotak Komentar


[ Kembali ]

Saat memanfaatkan fasilitas internet kampus anda lebih banyak menggunakannya sebagai sarana:

Pembelajaran
Informasi Kampus
Pertemanan (Situs Jejaring)
Saya Belum Mencobanya

Lihat Hasil Poling
08 Oktober 2016

Oleh : Nursyam Aksa, S.T, M.Si.
Teknik PWK UIN Aauddin Makassar


Dari banyak literatur tentang sejarah ... Selengkapnya



07 September 2016

MENGEMBANGKAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI (TIK)

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR

Selengkapnya



Artikel Sebelumnya

oleh: Hafsan
16 Oktober 2018

Tenaga pendidik dan peneliti pada Jurusan ... Selengkapnya



oleh: Nur Fadhilah Bahar
28 Desember 2016

Hasrullah, Mahasiswa Polyglot UIN Alauddin

Peraih ... Selengkapnya



kirimkan Opini anda
ke [opini(at)uin-alauddin.ac.id]