facebook

twitter

email
Bahasa :
Sabtu, 20 Juli 2019


Rabu, 03 Juli 2019 | Asrullah


UIN Online - Makassar International Writers Festival (MIWF) 2019, sebuah festival sastra tahunan yang diselenggarakan oleh Rumata’Artspace ini menyambangi UIN Alauddin Makassar melalui seminar bertajuk Minority/Majority – Managing the Harmony yang berlangsung di Lecture Teater (LT) Fakultas Adab dan Humaniora, Kamis, (27/6/2019).

Joko Pinorbo  salah seorang penyair terkemuka Indonesia yang karya-karyanya telah menorehkan gaya dan warna tersendiri dalam dunia puisi Indonesia menjadi salah satu narasumber pada kegiatan ini. hadir pula Mario F Lawi penyair muda kelahiran Kupang 1991, Maria Pankratia koordinator program Yayasan Klub Buku Petra Ruteng, William Letford penyair asal Skotlandia, dan Rosma Tami dosen Bahasa dan Sastra Inggris UIN Alauddin yang menjadi pembicara.

Sebagaimana tema kegiatan, para pembicara membagikan pengalaman dan pemikiran mereka tentang perbedaan dan keberagaman budaya. Konteks minoritas dan mayoritas pun tak lupa diperbincangkan dalam pandangan sastra, seperti yang diungkapan Joko Pinurbo bahwa dalam sastra ia ingin menyadarkan orang-orang bahwa di dunia ini tidak ada manusia minoritas hanya manusia.

“Saya bersyukur dijebloskan ke dalam sastra karena melalui sastra saya belajar bahwa dalam hidup tidak ada yang namanya mayoritas dan minoritas,” kata Joko Pinurbo

Kegiatan yang merupakan kolaborasi antara MIWF dan Jurusan Sastra Inggris ini dihadiri kisaran160 peserta dari berbagai kalangan, baik mahasiswa maupun dari masyarakat umum. Mereka antusias menyimak cerita para pemateri meski meskipun harus berdesak-desakan dalam ruangan, banyak pula peserta terpaksa harus duduk melantai lantaran tidak kebagian tempat duduk.

Kotak Komentar


[ Kembali ]

Saat memanfaatkan fasilitas internet kampus anda lebih banyak menggunakannya sebagai sarana:

Pembelajaran
Informasi Kampus
Pertemanan (Situs Jejaring)
Saya Belum Mencobanya

Lihat Hasil Poling
08 Oktober 2016

Oleh : Nursyam Aksa, S.T, M.Si.
Teknik PWK UIN Aauddin Makassar


Dari banyak literatur tentang sejarah ... Selengkapnya



07 September 2016

MENGEMBANGKAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI (TIK)

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR

Selengkapnya



Artikel Sebelumnya

oleh: Hafsan
16 Oktober 2018

Tenaga pendidik dan peneliti pada Jurusan ... Selengkapnya



oleh: Nur Fadhilah Bahar
28 Desember 2016

Hasrullah, Mahasiswa Polyglot UIN Alauddin

Peraih ... Selengkapnya



kirimkan Opini anda
ke [opini(at)uin-alauddin.ac.id]