facebook

twitter

email
Bahasa :
, 15 Juli 2018


Rabu, 11 Juli 2018 | Saefullah


UIN ONLINE- Sistematik Praktek Pengenalan Lapangan (PPL) jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar berbeda dengan dengan beberapa jurusan lainnya. Demikian diungkapkan Dra St Nurjannah Yunus Tekeng M Ed MA saat ditemui di sela-sela kegiatan pembekalan mahasiswa PPL di gedung R FTK UIN Alauddin Makassar, Senin (09/07/2018).
Ketua panitia pelaksana PPL FTK UIN Alauddin Makassar, St Nurjannah Yunus  Tekeng mengatakan sistem yang akan diterapkan terhadap mahasiswa jurusan MPI yang keluar praktek tahun 2018 ini. Mereka tidak lagi terlibat mengajar tapi akan berpraktek sesui apa yang didapatkan dalam ilmu manajemen di bangku kuliah.
Jadi mereka tidak masuk kelas lagi, cuma melihat bagaimana praktek manajemen yang ada di sekolah. Sambil melakukan praktek-praktek manajemen di sekolah atau membuat validitas manajemen perpustakaan sekolah, bisa juga membuat perencanaan kemudian mengusulkan kepada pihak pengelolah sekolah untuk peningkatan kualitas manajemen sekolah tempat mereka berpraktek.
Materi mereka pun dalam pembekalan PPL ini berbeda. Mereka dibekali mengenai manjemen berbasis sekolah, rencana kerja sekolah, dan menulis jurnal refleksi. Menurut St Nurjannah pengalaman saja tidak cukup, jadi mereka akan belajar tidak hanya melihat dan mengalami. Tapi, dituntut untuk setiap pengalaman yang didapatkan di tempat prakteknya ditulis. Kemudian melihat hal-hal yang bisa di evaluasi untuk perkembangan di masa yang akan datang.
Dalam pembekalan praktek tersebut betul-betul mereka diajak terlibat secara penuh untuk berproses. Jadi mahasiswa jurusan MPI UIN Alauddin Makassar yang ikut pembekalan mereka diajari membuat jurnal refleksi, menerapkan model pembelajaran aktif, diajarkan membuat pertanyaan-pertanyaan tingkat tinggi atau berkualitas, dan beberapa pembelajaran lainnya.
Semua mahasiswa Jurusan MPI UIN Alauddin Makassar yang ikut PPL akan diberangkatkan tanggal 25 Juli 2018, mereka akan disebar dibeberapa sekolah diantaranya Pesanteren Madani, MAN 1 Makassar, MTsN Makassar dan MTsN Gowa, Pesanteren Babul Ulum, Pesantren Guffi, Pesantren Al-Abrar, MIN Makassar, dan 13 orang ke Nasional.
Kotak Komentar


[ Kembali ]

Saat memanfaatkan fasilitas internet kampus anda lebih banyak menggunakannya sebagai sarana:

Pembelajaran
Informasi Kampus
Pertemanan (Situs Jejaring)
Saya Belum Mencobanya

Lihat Hasil Poling
08 Oktober 2016

Oleh : Nursyam Aksa, S.T, M.Si.
Teknik PWK UIN Aauddin Makassar


Dari banyak literatur tentang sejarah ... Selengkapnya



07 September 2016

MENGEMBANGKAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI (TIK)

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR

Selengkapnya



Artikel Sebelumnya

oleh: Nur Fadhilah Bahar
28 Desember 2016

Hasrullah, Mahasiswa Polyglot UIN Alauddin

Peraih ... Selengkapnya



oleh: Muh Quraisy Mathar
09 November 2016

Alih media merupakan sesuatu yang jamak dalam peradaban manusia. Tradisi menggurat ... Selengkapnya



kirimkan Opini anda
ke [opini(at)uin-alauddin.ac.id]