facebook

twitter

email
Bahasa :
Kamis, 18 Oktober 2018


Kamis, 03 Mei 2018 | Nurisna


UIN Online - Makassar International Writers Festival bekerjasama dengan Jurusan Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) serta Komisi Humas UIN Alauddin Makassar menggelar seminar internasional yang berlangsung di lantai IV Gedung Rektorat Kampus II UIN Alauddin Makassar. Kamis (03/05/2018).
Dengan mengusung tema 20 Years Reform: Challenges After 20 Years  of Indonesians Political Reform From In/Outside Persepectices, kegiatan ini menghadirkan 4 pembicara diantaranya Mark Heyward seorang penulis, Ayu Utami seorang penulis, Ziggy Z seorang penulis dan Hikmat Darmawan seorang jurnalis serta John McGIynn seorang editor buku sebagai moderator. 
Wakil Rektor IV UIN Alauddin Makassar Prof Hamdan Juhannis PhD mengatakan, seminar ini mengulas tantangan setelah 20 tahun reformasi khususnya sisi politik.
Yang menarik apa saja yang telah dicapai dengan hadirnya 20 tahun reformasi, salah satu jargon utama kita pasca reformasi adalah istilah demokrasi, terangnya.
Ayu Utami memaparkan, bahwa ia adalah salah satu dari pendiri Aliansi Jurnalis Independen (AJI), pada saat itu AJI dianggap melawan pemerintah. 
Pada masa itu kami berjuang untuk kebebasan pers. Kami berharap masyarakat bisa memilih berita yang benar karena sebelumnya pemberitaan dibawah kontrol pemerintah, tuturnya.
Namun ia mengakui kegagalan setelah reformasi bahwa ternyata setelah masyarakat memiliki kebebasan, banyak orang yang tidak memilih berita yang benar. 
Saya terkejut dengan apa yang terjadi sekarang, karena bayangan kami pers bebas masyarakat menjadi baik dan menjadi rasional. Ternyata pers bebas penuh dengan berita hoaks penuh palsu dan fitnah, ucapnya.

Senada dengan Hikmat Darmawan yang berbicara tentang keberhasilan setelah tahun 1998 adalah kebebasan, hanya saja yang gagal adalah respon kita terhadap kebebasan itu sendiri.
Kotak Komentar


[ Kembali ]

Saat memanfaatkan fasilitas internet kampus anda lebih banyak menggunakannya sebagai sarana:

Pembelajaran
Informasi Kampus
Pertemanan (Situs Jejaring)
Saya Belum Mencobanya

Lihat Hasil Poling
08 Oktober 2016

Oleh : Nursyam Aksa, S.T, M.Si.
Teknik PWK UIN Aauddin Makassar


Dari banyak literatur tentang sejarah ... Selengkapnya



07 September 2016

MENGEMBANGKAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI (TIK)

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR

Selengkapnya



Artikel Sebelumnya

oleh: Hafsan
16 Oktober 2018

Tenaga pendidik dan peneliti pada Jurusan ... Selengkapnya



oleh: Nur Fadhilah Bahar
28 Desember 2016

Hasrullah, Mahasiswa Polyglot UIN Alauddin

Peraih ... Selengkapnya



kirimkan Opini anda
ke [opini(at)uin-alauddin.ac.id]