facebook

twitter

email
Bahasa :
Senin, 24 September 2018


Rabu, 07 Maret 2018 | Andriani

UIN Online - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan jalur yang dibuka oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).
Tahun ini, UIN Alauddin masih membuka 14 program studi (Prodi) untuk kedua jalur penerimaan mahasiswa baru (maba) tersebut. Diantaranya, Ilmu hukum, ilmu politik, ilmu komunikasi, jurnalistik, kimia, matematika, teknik arsitektur, teknik perencanaan wilayah dan kota, ilmu peternakan, sistem informasi, akuntansi, ilmu ekonomi, manajeman dan pendidikan kedokteran.
Kepala Bagian Akademik Drs. Irwanuddin, M.M mengatakan bahwa jumlah prodi dari tahun sebelumnya belum ada peningkatan, namun ia mengaku saat ini terus mengusulkan ada penambahan kuota untuk prodi tahun depan.
Sementara itu, kuota 14 prodi yang dibuka sesuai dengan jumlah mahasiswa yang telah berstatus alumni dan jumlah mahasiswa baru yang akan diterima. Kuota tersebut sesuai kebutuhan sehingga rasio mahasiswa alumni dan penerimaan mahasiswa baru, paling tidak harus seimbang, tuturnya.
Setiap tahunnya kuota itu fleksibel kadang naik ataupun turun. Tergantung kebutuhan dari masing-masing prodi atau kebutuhan alumni setiap fakultas. Terdapat fakultas membutuhkan jumlah mahasiswa pada tahun tertentu namun, jumlah interval studi mahasiswa cepat selesai maka jumlah kuota untuk penerimaan mahasiswa baru pasti bertambah.
Begitu pula sebaliknya, jika Jumlah mahasiswa menyelesaikan studi lambat, maka tidak boleh melebihi kapasitas kuota tahun sebelumnya atau sama, ujarnya.
Kotak Komentar


[ Kembali ]

Saat memanfaatkan fasilitas internet kampus anda lebih banyak menggunakannya sebagai sarana:

Pembelajaran
Informasi Kampus
Pertemanan (Situs Jejaring)
Saya Belum Mencobanya

Lihat Hasil Poling
08 Oktober 2016

Oleh : Nursyam Aksa, S.T, M.Si.
Teknik PWK UIN Aauddin Makassar


Dari banyak literatur tentang sejarah ... Selengkapnya



07 September 2016

MENGEMBANGKAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI (TIK)

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR

Selengkapnya



Artikel Sebelumnya

oleh: Nur Fadhilah Bahar
28 Desember 2016

Hasrullah, Mahasiswa Polyglot UIN Alauddin

Peraih ... Selengkapnya



oleh: Muh Quraisy Mathar
09 November 2016

Alih media merupakan sesuatu yang jamak dalam peradaban manusia. Tradisi menggurat ... Selengkapnya



kirimkan Opini anda
ke [opini(at)uin-alauddin.ac.id]