facebook

twitter

email
Bahasa :
Sabtu, 25 November 2017


Rabu, 15 November 2017 | Sel

UINONLINE-- Hari Pahlawan, yang jatuh pada tanggal 10 November, kali ini diperingati secara lebih bermakna oleh Tenaga Kependidikan dan Civitas Akademika UIN Alauddin Makassar. Biasanya peringatan hari Pahlawan dilakukan dengan menggelar pelaksanaan upacara bendera saja. Namun pada tahun ini, seusai pelaksanaan upacara bendera, langsung diikuti dengan penampilan drama puisi oleh komunitas pecinta seni UIN Alauddin Makassar, yang melibatkan kurang lebih 100 orang. Seratus orang itu terdiri dari Dosen-dosen senior, beberapa orang dekan, serta beberapa orang pejabat dalam lingkup UIN Alauddin Makassar.

Dr. Arifuddin Siraj, MA., ditemani oleh Ibu Tanti, sebagai Penulis skenario sekaligus sutradara yang drama puisi ini menyatakan bahwa ide dan gagasan menggelar acara ini terinspirasi dari harapan untuk menjadikan UIN Alauddin Makassar benar-benar dapat mewujudkan mottonya sebagai kampus peradaban. Karenanya dalam Drama Puisi ini, Arif mengangkat beberapa puisi dari Khairil Anwar, WS Rendra dan puisi Arifuddin Siraj sendiri yang dikemas dalam sebuah alur cerita untuk membangkitkan sikap mental mulia serta semangat berjuang dan membangun bangsa dan negara serta mewujudkan UIN Alauddin sebagai Kampus Peradaban.

Menurutnya, masih perlu dilakukan pembenahan-pembenahan mendasar dalam mewujudkan UIN Alauddin sebagai Kampus Peradaban. Sikap dan sifat, seperti memberi informasi yang tidak benar, untuk menjatuhkan orang lain, memfitnah, menghina dan merendahkan orang lain, bahkan mencaci-maki adalah sifat-sifat yang tidak sesuai dengan jargon Kampus Peradaban.   

Drama puisi yang mirip drama kolosal, yang diproduseri oleh Dr. H. Syamsul Komar, MA dan Alwan Suban, M. Ag.,  ini ternyata hanya dipersiapkan dalam waktu satu minggu dengan 2 hari latihan intensif. Ke depannya, Arif berharap agar komunitas seni UIN Alauddin Makassar dapat dibentuk menjadi sebuah lembaga. Sebab wadah seni seperti ini dapat dijadikan sebagai wadah pemersatu dalam mewujudkan UIN Alauddin Makassar sebagai kampus peradaban sesuai yang dicita-citakan.  

 

 

Kotak Komentar


[ Kembali ]

Saat memanfaatkan fasilitas internet kampus anda lebih banyak menggunakannya sebagai sarana:

Pembelajaran
Informasi Kampus
Pertemanan (Situs Jejaring)
Saya Belum Mencobanya

Lihat Hasil Poling
08 Oktober 2016

Oleh : Nursyam Aksa, S.T, M.Si.
Teknik PWK UIN Aauddin Makassar


Dari banyak literatur tentang sejarah ... Selengkapnya



07 September 2016

MENGEMBANGKAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI (TIK)

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR

Selengkapnya



Artikel Sebelumnya

oleh: Nur Fadhilah Bahar
28 Desember 2016

Hasrullah, Mahasiswa Polyglot UIN Alauddin

Peraih ... Selengkapnya



oleh: Muh Quraisy Mathar
09 November 2016

Alih media merupakan sesuatu yang jamak dalam peradaban manusia. Tradisi menggurat ... Selengkapnya



kirimkan Opini anda
ke [opini(at)uin-alauddin.ac.id]