facebook

twitter

email
Bahasa :
Rabu, 13 Desember 2017


Jumat, 22 September 2017 | Saeful


UIN ONLINE- Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Alauddin Makassar mengundang guru besar Universitas Hasanudddin Prof Marsuki jadi pemateri dalam kegiatan kuliah umum yang dilaksanakan di Auditorium kampus II UIN Alauddin Selasa, 19/09/2017.

Dekan FEBI Prof Ambo Asse sebelum membuka kuliah umum tersebut mengatakan kehadiran guru besar dari kampus ternama di Indonesia bagian timur itu merupakan hal yang luar biasa. Prof Marsuki memiliki keahlian bidang ekonomi, sibuk tidak hanya di kampus tempatnya mengajar tapi juga di luar kampus.

Selanjutnya, di depan ratusan peserta yang memenuhi lantai dua dan lantai tiga Auditorium ia mengatakan, mengapa ekonomi penting untuk dipelajari? karena ekonomi adalah penggerak untuk semua aspek dalam kehidupan ini.

Allah berfirman di dalam Al-Quran, tuntutlah akhiratmu dan janganlah kamu lupa akan kehidupan duniamu, karena itu ilmu ekonomi sangat penting dalam kehidupan ini, ungkap Prof Ambo Asse dengan mengutip ayat dalam Al-Quran.

Ia kemudian membatasi bahwa walaupun ilmu ekonomi sangat penting tapi tidak mesti harus semua orang menuntut ilmu ekonomu, tentunya perlu juga ilmu yang lain. Seperti ilmu alam, ilmu pemerintahan, dan sebagainya. Supaya ada keterkaitan antara satu dan lainnya.

Makanya dalam mempelajari ilmu pengetahuan perlu ada pengelompokan ilmu supaya ada harmonisasi dalam membangun kehidupan. Karena itu kehidupan ini harus ada klasifikasi, harus ada dakwa dan ekonomi. Utamanya pada pembangunan ekonomi kita sendiri, kemudian masyarakat, dan negara, jelasnya.

Ketua panitia Hasbiullah mengatakan kuliah umum ini merupakan kegiatan fakultas yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Waktu pelaksanaannya setiap setelah penerimaan mahasiswa baru pada saat masuk kuliah, biasanya dilaksanakan pada pertengahan bulan sembilan.

Tujuannya adalah untuk memberikan pengetahuan kepada semua khalayak, khususnya para akademisi yang ada di FEBI, dosen maupun mahasiswa. Sengaja  kita mengangkat tema mengenai tiga tahun kinerja ekonomi pemerintahan. Tujuannya adalah untuk melihat bagaimana kinerja pemeritahan Jokowi-JK selama tiga tahun pada sektor ekonomi pemerintahan.

Kotak Komentar


[ Kembali ]

Saat memanfaatkan fasilitas internet kampus anda lebih banyak menggunakannya sebagai sarana:

Pembelajaran
Informasi Kampus
Pertemanan (Situs Jejaring)
Saya Belum Mencobanya

Lihat Hasil Poling
08 Oktober 2016

Oleh : Nursyam Aksa, S.T, M.Si.
Teknik PWK UIN Aauddin Makassar


Dari banyak literatur tentang sejarah ... Selengkapnya



07 September 2016

MENGEMBANGKAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI (TIK)

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR

Selengkapnya



Artikel Sebelumnya

oleh: Nur Fadhilah Bahar
28 Desember 2016

Hasrullah, Mahasiswa Polyglot UIN Alauddin

Peraih ... Selengkapnya



oleh: Muh Quraisy Mathar
09 November 2016

Alih media merupakan sesuatu yang jamak dalam peradaban manusia. Tradisi menggurat ... Selengkapnya



kirimkan Opini anda
ke [opini(at)uin-alauddin.ac.id]