facebook

twitter

email
Bahasa :
, 24 September 2017


Rabu, 13 September 2017 | Andriani


 

UIN Online – Dimana Ada Kemauan Disana Ada Jalan adalah buku karya Prof Dr H Ahmad M Sewang MA yang memuat kisah perjalanan hidupnya. Sebuah Autobiografi yang memotivasi para pembacanya untuk memiliki semangat dan tekad yang kuat untuk meraih mimpi serta memberi inspirasi untuk berbuat sesuatu.

Buku tersebutlah yang dibedah oleh Prof Dr Quraish Shihab, Prof Dr Basri Hasanuddin, Drs AGH Muhammad Ahmad, dan Dr Muh Sabri AR. Bedah tersebut diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kerjasama Provinsi Sulawesi Selatan di Hotel Continent Jl. Adiyaksa Makassar. Rabu (13/09/2017)

Prof Ahmad M Sewang dalam sambutannya mengatakan bahwa setiap orang memiliki kelemahan yang bisa juga merupakan kelebihan sehingga buku ini membuat generasi kedepan akan jauh lebih baik lagi. Semua kekurangan dalam buku saya ini akan saya perbaiki pada tahun berikutnya, ucapnya.

Prof Ahmad juga mengibaratkan manusia yang mengendarai mobil yang harus selalu menoleh ke kaca spion. Saya menganggap anak manusia berjalan menggunakan mobil dan selalu menoleh ke kaca spion agar tetap pada jalurnya dan terus dapat berjalan, tutur salah satu Guru Besar UIN Alauddin tersebut.

Moderator dalam kegiatan itu, Prof Hamdan Juhannis menuturkan bahwa Autobiografi ini akan lebih menarik karena memuat kisah hidup yang ditulis oleh pelakunya sendiri. Buku ini sebagai pelecut semangat dan tulislah sejarahmu sendiri dan jangan menyuruh orang lain untuk menuliskannya. Karena dia juga sibuk menulis tentang dirinya sendiri, aku Wakil Rektor Bidang Kerjasama UIN Alauddin Makassar.

Pembedah buku dalam kegiatan itu, Prof Dr Quraish Shihab mengatakan bahwa manfaat dalam menulis Autobiografi adalah penulis dapat mengintrospeksi diri lalu memperbaikinya, menjelaskan sikap-sikap yang telah diambilnya yang boleh jadi disalahpahami oleh orang lain serta merefleksi kesalahan yang pernah dilakukannya terhadap orang lain.

Prof Ahmad ini telah menjelaskan tentang dirinya sendiri melalui berbagai cara dan sudah pasti berpengaruh untuk orang lain. Dari cara ia mencapai tujuannya dapat menggambarkan jalan yang ia tempuh sesuai dengan kemauannya. Seperti kemauan itu adalah indera perasa lalu kehendak yang menentukan kemudian akal yang akan menyeleksinya, ulasnya.

Sementara, menurut Prof Basri, buku ini akan memberikan motivasi bagi orang tua untuk mendidik generasi milineal saat ini. Ahmad ini mempunyai keunggulan pribadi yang bersumber dari budaya mandarnya sehingga ia mempunyai tekad dan niat untuk mencapai kesuksesan, tuturnya.

Selain itu, Drs AGH Muhammad Ahmad mengapresiasi keyakinan dari Prof Ahmad M Sewang  dimana ia bergaul pasti akan memberikan pengetahuan baru serta ketekunannya dalam menulis dan memelihara dokumen-dokumen. Sewaktu bermahasiswa ia memang sosok yang haus akan ilmu sehingga selalu berpasrtisipasi aktif dalam setiap kegiatan baik seminar maupun diskusi, ucapnya.

Pembedah terakhir, Dr Sabri AR memaparkan bahwa Prof Ahmad tersebut tidak hanya mengandalkan narasi atau deskriptif namun juga menggunakan intuisi yang disalurkan melalui karya sastranya yang berupa puisi. Ia dapat menggambarkan realitas yang diungkapkan dengan dunia kode untuk memproduksi dunia kode yang lahir melalui puisi, tuturnya.

Kotak Komentar


[ Kembali ]

Saat memanfaatkan fasilitas internet kampus anda lebih banyak menggunakannya sebagai sarana:

Pembelajaran
Informasi Kampus
Pertemanan (Situs Jejaring)
Saya Belum Mencobanya

Lihat Hasil Poling
oleh: Nur Fadhilah Bahar
28 Desember 2016

Hasrullah, Mahasiswa Polyglot UIN Alauddin

Peraih ... Selengkapnya



oleh: Muh Quraisy Mathar
09 November 2016

Alih media merupakan sesuatu yang jamak dalam peradaban manusia. Tradisi menggurat ... Selengkapnya



kirimkan Opini anda
ke [opini(at)uin-alauddin.ac.id]