facebook

twitter

email
Bahasa :
Kamis, 30 Oktober 2014


Kamis, 17 Mei 2012 | Ahmad Alwy Baharuddin


Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (AAK), Dra Hj Nuraeni Gani MM.


UIN Online - Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar memberikan kuota penerimaan mahasiswa baru bagi penerima beasiswa pendidikan mahasiswa berprestasi (Bidik Misi) Jalur SPMB -PTAIN sebanyak 140 kursi.

Program Beasiswa Bidik Misi adalah beasiswa pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa berprestasi pada Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN), yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (AAK) UIN Alauddin, Dra Hj Nuraeni Gani MM menjelaskan beasiswa ini diberikan untuk meningkatkan mutu pendidikan, khususnya mutu lulusan Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI).

"Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Republik Indonesia memberikan jatah program Beasiswa Bidik Misi tahun 2012 pada Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPMB-PTAIN)," ujarnya, Rabu (16/5/2012).

Nuraeni Gani menambahkan bahwa kuota penerima beasiswa bidik misi ini sebanyak 2.100 orang yang terdistribusi pada 32 Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) seluruh Indonesia yang telah ditentukan. Untuk UIN Alauddin, mendapat kuota yang tersedia sebanyak 140 orang.

Lebih lanjut Nuraeni mengungkapkan bahwa Sumber dana program Bidik Misi PTAI Tahun 2012 ini berasal dari Daftar Isian Pengguna Anggaran (DIPA) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Tahun 2012.

Bagi masing-masing mahasiswa peserta program Bidik Misi PTAI Tahun 2012 diberikan dana sebesar Rp. 6.000.000,- (enam juta rupiah) setiap semester, selama 8 (delapan) semester, yang digunakan untuk biaya hidup dan biaya penyelenggaraan pendidikan.

Adapun pendaftaran jalur SPMB-PTAIN ini dibuka dari 1 Mei hingga 15 Juni 2012. Biaya pendaftaran sebesar Rp150 ribu dan pembayaran dapat dilakukan di Bank Mandiri terdekat. Pelaksanaan ujian pada 19 Juni 2012 dan hasilnya baru akan diumumkan Jumat (13/07/2012). (*)

Persyaratan beasiswa Bidik Misi PTAI Tahun 2012 ini:
1.  Persyaratan Umum
a. Lulusan SMA/SMK/MA/Pesantren atau yang sederajat, tahun 2011 atau tahun 2012.
b. Sehat jasmani dan rohani.
c. Lulus dalam Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPMB_PTAIN).

2.  Persyaratan Khusus
a. Berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi, yang ditunjukkan dengan surat keterangan dari pihak yang berwenang (Kepala Desa/Lurah).
b. Memiliki prestasi akademik/kurikuler, ko-kurikuler, maupun ekstra kurikuler yang ditunjukkan dengan surat keterangan yang dikeluarkan oleh kepala sekolah/madrasah/ pimpinan pondok pesantren.

Mekanisme program Beasiswa Bidik Misi PTAI Tahun 2012:
1. Pada saat pendaftaran SPMB_PTAIN, calon mahasiswa harus mengisi formulir pendaftaran untuk pilihan “BIDIK MISI”
2. Calon mahasiswa harus mengikuti seluruh proses seleksi yang telah ditentukan.
3. Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus SPMB_PTAIN, segera melaksanakan registrasi atau daftar ulang ke PTAIN dan menyerahkan seluruh berkas yang telah ditentukan.
4. PTAIN Penyelenggara (PTP) Program Bidik Misi melaksanakan seleksi khusus bagi calon mahasiswa program Bidik Misi Tahun 2012.
5. Pimpinan PTP menyampaikan pertimbangan atas hasil seleksi khusus, kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.
6. Direktur Jenderal Pendidikan Islam menetapkan penerima beasiswa Bidik Misi Tahun 2012.
7. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Islam melakukan proses pencairan dana kepada masing-masing mahasiswa.

Kotak Komentar


[ Kembali ]

Saat memanfaatkan fasilitas internet kampus anda lebih banyak menggunakannya sebagai sarana:

Pembelajaran
Informasi Kampus
Pertemanan (Situs Jejaring)
Saya Belum Mencobanya

Lihat Hasil Poling
04 Januari 2013

oleh: Nadya

Sehat dan sakit adalah dua kata yang saling berhubungan erat dan merupakan bahasa kita sehari-hari. Dalam sejarah kehidupan manusia istilah sehat dan sakit ... Selengkapnya



17 Desember 2012
Oleh : Mashuri Masri DNA yang dalam bahasa sains dikenal dengan nama deoksiribo nukleic acid, karena struktur dan sifat yang melekat pada struktur tersebut. Sebagian dari kita ... Selengkapnya

Artikel Sebelumnya

oleh: Hamdan eSA (IKA UIN Alauddin)
05 Mei 2014

Memasuki masa kampanye menjelang pemilihan umum legislatif 9 april 2014 lalu, dunia ... Selengkapnya



oleh: Nurul Wardani Yahya, S.Hi. (Wisudawan terbaik pertama UIN Alauddin Makassar Wisuda Ke-67)
15 Januari 2014

Hari ini saya ke kampus----setelah sekian lama ‘bertelur’ di rumah----untuk ... Selengkapnya



kirimkan Opini anda
ke [opini(at)uin-alauddin.ac.id]
  1. STATISTIK
PENGUNJUNG ONLINE


TOTAL PENGUNJUNG
5345015 pengunjung