facebook

twitter

email
Bahasa :
, 31 Agustus 2014


Rabu, 26 Januari 2011 | Latifah Ulfa


Promosi doktor di pascasarjana
UIN Online –Pembantu Rektor (PR) III Bidang Kemahasiswaan Institut Agama Islam Negeri  (IAIN) Sultan Amai, Gorontalo, Kasim Yahiji, meraih gelar doktor dari Program Pascasarjana (PPs) UIN Alauddin Makassar, Selasa (25/01/2011) malam. Sidang promosi yang digelar di gedung PPs Kampus I UIN Alauddin.

Promovendus pernah menjabat sebagai kasubag akademik dan kemahasiswaan di Fakultas Tarbiyah IAIN Gorontalo pada tahun 1990-1992. Selain itu, pria berkacamata ini juga menjabat sebagai ketua jurusan Pendidikan Agama Islam, pada tahun 1992-1995. Terakhir, Kasim Yahiji, menjabat pembantu rektor I IAIN Sultan Amai Gorontalo tahun 2000-2007.

Judul disertasi promovendus adalah ‘Strategi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Pemahaman Kitab  Kuning di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah, Randangan, Provinsi Gorontalo’. Promovendus  memaparkan, bahwa dalam pembelajaran kitab kuning, kyai di pesantren itu menempuhnya melalui beberapa metode.

“Untuk mengajarkan kitab-kitab klasik, seorang kiai menggunakan beberapa metode, seperti wetonan,  sorogan, dan hafalan,” kata Promovendus kelahiran 22 Mei 1961 ini, saat memaparkan abstrak disertasinya.

Kasim menambahkan, dengan melihat kenyataan sekarang, pembelajaran kitab kuning sepatutnya  menyesuaikan diri dengan perkembangan Informasi, Komunikasi dan Teknologi (ICT). Artinya, seorang  kyai dan ustadz sudah waktunya memanfaatkan strategi pembelajaran yang sudah lumrah dipakai dalam  proses pembelajaran di madrasah atau di sekolah yang berbasis teknologi infoormasi.

Sidang promosi terbuka dipimpin langsung oleh Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof Dr Qadir Gassing  HT MS. Tim penguji adalah Prof Dr Mappanganro MA, Prof Dr Natisr Baki MA, Prof Dr Andi Rasydianah, Prof Dr Ahmad M Sewang MA, Dr Muh Hlifah Mustami MPd, Dr Kamaluddin Abu  Nawas Mag.

Lama pendidikan yang ditempuh promovendus selama kuliah program doktor, adalah 3 tahun, 3 bulan 25  hari. Nilai rata-rata yang diperoleh 93,13 dan indeks prestasi kumulatif 3,75 dengan predikat amat baik.  Promovendus tercatat sebagai lulusan ke- 74 pada PPs UIN Alauddin Makassar. (*)
Kotak Komentar


[ Kembali ]

Saat memanfaatkan fasilitas internet kampus anda lebih banyak menggunakannya sebagai sarana:

Pembelajaran
Informasi Kampus
Pertemanan (Situs Jejaring)
Saya Belum Mencobanya

Lihat Hasil Poling
04 Januari 2013

oleh: Nadya

Sehat dan sakit adalah dua kata yang saling berhubungan erat dan merupakan bahasa kita sehari-hari. Dalam sejarah kehidupan manusia istilah sehat dan sakit ... Selengkapnya



17 Desember 2012
Oleh : Mashuri Masri DNA yang dalam bahasa sains dikenal dengan nama deoksiribo nukleic acid, karena struktur dan sifat yang melekat pada struktur tersebut. Sebagian dari kita ... Selengkapnya

Artikel Sebelumnya

oleh: Hamdan eSA (IKA UIN Alauddin)
05 Mei 2014

Memasuki masa kampanye menjelang pemilihan umum legislatif 9 april 2014 lalu, dunia ... Selengkapnya



oleh: Nurul Wardani Yahya, S.Hi. (Wisudawan terbaik pertama UIN Alauddin Makassar Wisuda Ke-67)
15 Januari 2014

Hari ini saya ke kampus----setelah sekian lama ‘bertelur’ di rumah----untuk ... Selengkapnya



kirimkan Opini anda
ke [opini(at)uin-alauddin.ac.id]
  1. STATISTIK
PENGUNJUNG ONLINE


TOTAL PENGUNJUNG
5103645 pengunjung